Peningkatan Kemampuan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Guru dan Siswa SMK dalam Era Digital
Keywords:
Informasi, Teknologi, Komunikasi, Guru, SiswaAbstract
Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peran yang semakin penting dalam dunia pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk membahas strategi dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kemampuan pemanfaatan TIK bagi guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Peningkatan kemampuan ini menjadi krusial mengingat perubahan paradigma pembelajaran yang semakin mengintegrasikan teknologi. Tulisan ini mengidentifikasi peran strategis TIK dalam pendidikan, mulai dari peluang untuk meningkatkan efisiensi pengajaran hingga memberikan siswa peluang untuk pembelajaran yang lebih interaktif dan mandiri. Strategi yang disarankan mencakup pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru dalam hal pemanfaatan TIK dalam pengajaran. Bagi siswa, literasi digital perlu ditingkatkan melalui pendidikan tentang etika digital, keterampilan pencarian informasi, dan penggunaan alat-alat produktif. Melalui investasi dalam infrastruktur TIK yang memadai, pelatihan berkelanjutan, dan pendekatan kolaboratif, guru dan siswa dapat mengoptimalkan potensi teknologi untuk memajukan pembelajaran. Dalam kesimpulan, peningkatan kemampuan pemanfaatan TIK bagi guru dan siswa SMK Jerisa Mandiri memerlukan pendekatan holistik yang mencakup aspek pendidikan, teknologi, dan kebijakan. Dengan memanfaatkan potensi TIK secara efektif, pendidikan di era digital dapat menjadi lebih dinamis, interaktif, dan relevan dengan tuntutan masyarakat global yang terus berkembang.
